Pages

Friday, October 5, 2018

PM Israel Kembali Diperiksa Terkait Kasus Korupsi

Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, kembali diperiksa polisi terkait serangkaian kasus dugaan korupsi yang selama ini mengancam kepemimpinannya.

Sejumlah tayangan stasiun televisi Israel menunjukkan petugas polisi tiba di kantor Netanyahu sekitar Jumat siang.

Dikutip AFP, kepolisian dan kantor perdana menteri tak mengonfirmasi kabar Netanyahu tengah diperiksa sampai interogasi tersebut selesai.

Netanyahu selama ini dituduh terlibat dalam kasus dugaan korupsi perusahaan telekomunikasi besar Israel, Bezeq, dan perusahaan saham terbesar di negara itu, Shaul Elovitch.

PM Israel ke-12 itu dituding memberikan kebijakan yang menguntungkan bagi anak perusahaan Elovitch, portal berita Walla, dengan imbalan pemberitaan baik yang bisa mengangkat citranya.

Netanyahu juga diperiksa terkait dugaan keterlibatan pembelian kapal selam Jerman yang kontroversial.

Pemeriksaan Netanyahu ini menjadi yang kesembilan kalinya sejak 2017 lalu. Dia terakhir kali diperiksa polisi sekitar Maret 2018 lalu.

Meski begitu, hingga kini kepolisian belum mendakwa orang nomor satu di Israel itu.

Tudingan korupsi pertama kali mencuat pada awal 2017 lalu. Dalam salah satu kasus, Netanyahu dan keluarga diduga menerima cerutu, perhiasan, dan sampanye seharga 1 juta shekel atau setara Rp4 miliar.

Tim penyelidik juga menuduh Netanyahu membuat kesepakatan dengan surat kabar ternama Yediot Aharonot agar media itu hanya memberitakan hal-hal positif tentang PM Israel tersebut.

Pemeriksaan Netanyahu hari ini berlangsung dua hari sebelum sang istri, Sara, menghadapi persidangan atas tuduhan penyalahgunaan dana negara senilai US$100 ribu atau setara Rp1,5 miliar. Uang negara itu diduga dipakai Sara untuk membayar katering di rumah dinas mereka.

Sara memberikan kesaksian palsu dengan mengklaim bahwa saat itu tidak ada koki yang bertugas di kediamannya untuk menyediakan makanan. (rds/has)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181005174710-120-336129/pm-israel-kembali-diperiksa-terkait-kasus-korupsihttps://desimpul.blogspot.com/2018/10/pm-israel-kembali-diperiksa-terkait.html

No comments:

Post a Comment