Pages

Wednesday, April 3, 2019

Cegah Konflik, Satgas Yonif PR 328 Rutin Kunjungi Tokoh Masyarakat - iNews

PAPUA, iNews.id - Personel Pos Kaliasin Satgas 328/DGH rutin mengunjungi dan bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat Kibay di Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua. Kegiatan ini digelar untuk menghindari terjadinya konflik antarkampung.

Dansatgas Yonif PR 328 Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari mengatakan, konflik antarkampung maupun antarindividu kerap terjadi di wilayah perbatasan. Penyebabnya bisa karena salah paham ataupun ada pertikaian yang menyebabkan timbulnya pergesekan masyarakat.

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Terjadi perselisihan yang disebabkan kesalahpahaman antarpemuda Kampung Yetti dan pemuda Kampung Kibay. Konflik berawal dari pemuda Kampung Yetti yang mencurigai pemuda Kampung Kibay membawa barang terlarang.

“Merasa tidak terima akan tuduhan tersebut, antara kedua kampung sempat terjadi perselisihan,” kata Erwin di Skouw, Papua, Rabu (3/4/2019).

BACA JUGA:

Simpati pada Kepedulian Satgas Yonif PR 328, Warga Serahkan Senjata

Kopda Aripan Tangkap Napi Pembunuh Siswi SMK yang Kabur dari Lapas

Menanggapi hal tersebut dan agar tidak berdampak luas, personel Pos Kaliasin Satgas 328/DGH melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan mengunjungi para tokoh masyarakat Kampung Kibay di Distrik Arso Timur. Kunjungan tersebut dipimpin Sertu Hariyono.

Beberapa tokoh yang dikunjungi tersebut, yakni Kepala Kampung Kibay Charles Numbun, Ketua RT Bapak Daniel Kuntui, Tokoh Adat Kampung Kibay Antonius Putui, dan Kepala Suku Kampung Kibay Silvester Boream.

Erwin mengatakan, anjangsana yang dilakukan personel Pos Kaliasin dengan melaksanakan komsos tersebut bertujuan agar perselisihan yang terjadi antarkampung dapat diselesaikan secara baik-baik dan damai. Dalam pertemuan itu, para tokoh berdialog hingga mencapai kesepakatan.

“Setelah mengumpulkan para pemuda bersama dengan para tokoh masyarakat, maka disepakati untuk ke depan tidak boleh lagi terjadi keributan. Sebab, semua kampung yang ada di Kabupaten Keerom masih satu saudara dan satu suku,” ujar Erwin.

Sementara Charles selaku Kepala Kampung pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Kaliasin Satgas 328/DGH. Dia berharap Satgas yang bertugas terus berupaya menciptakan kenyamanan dan meredam masalah yang timbul akibat perselisihan antarkampung.

“Saya berharap, apabila timbul suatu masalah kembali antarkedua kampung, personel satgas menjadi mediator untuk meredam masalah yang timbul nantinya,” ucapnya.

Editor : Maria Christina

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/daerah/papua/cegah-konflik-satgas-yonif-pr-328-rutin-kunjungi-tokoh-masyarakat/505965https://desimpul.blogspot.com/2019/04/cegah-konflik-satgas-yonif-pr-328-rutin.html

No comments:

Post a Comment