Pages

Monday, April 8, 2019

Ridwan Kamil Tanggapi Video Viral Korban Banjir yang Protes ke Dirinya - KOMPAS.com

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diprotes warga korban banjir di Kabupaten Bandung. Peristiwa itu terjadi sewaktu ia meninjau kondisi banjir di Bojong Asih, Dayeuhkolot, Sabtu (6/4/2019) lalu.

Video Ridwan Kamil diprotes warga sempat viral di dunia maya.

Dalam akun Youtube Adalah Kabupaten Bandung kronologi bermula sewaktu Ridwan menyusuri area permukiman tergenang banjir.

Kunjungan itu dilakukan spontan selepas ia menghadiri peluncuran Bank Wakaf di kawasan Ciganitir.

Baca juga: Tangkal Banjir Bandung, Ini Program yang Disiapkan Ridwan Kamil

Dalam video berdurasi 3 menit 34 detik itu, di tengah perjalanannya, ia ditanya salah seorang warga berkaos cokelat yang mengeluhkan kondisi banjir yang tak kunjung surut dalam dua bulan terakhir.

"Kesal Pak, sudah dua bulan banjir terendam gak surut," ujar pria itu.

Ia pun merespons keluhan itu. Emil berkata kawasan Dayeuhkolot sudah banjir sejak ratusan tahun lalu.

Ia pun lantas memaparkan langkah yang sedang dikerjakan pemerintah untuk menanggulangi banjir tersebut.

"Terowongan sedang dikerjakan, Cieunteung (kolam retensi) sudah selesai. Tapi tidak cukup, maka tahun ini akan dibangun danau retensi lain, ini kan butuh proses. Jadi solusi sedang dikerjakan tapi selesainya tidak sesuai dengan yang kita mau," jawab Emil.

"Tapi apa hal urgent yang bisa dilakukan pemerintah," timpal warga kembali bertanya.

Baca juga: Atasi Banjir, Bupati Bandung Minta Pembangunan Terowongan Najung Dipercepat

Emil menjawab, "Kita tunggu konstruksi beres, di luar itu kita membantu menyediakan tempat pengungsian, makanan dan lain-lain,".

Pria itu kembali mengeluhkan soal distribusi bantuan sembako yang ia nilai tak dibagikan secara merata.

"Makanan mana Pak? Jangan hanya memperhatikan yang dipengungsian, tapi yang di rumah juga," keluhnya.

Emil menjelaskan, jika pembagian bantuan dilakukan secara berjenjang. Ia pun meminta warga berkomunikasi dengan aparat setempat jika tak kebagian bantuan.

"Makanan berkardus-kardus saya titip ke kepala desa. Kepala desa yang membagikan," kata Emil.

Baca juga: Tujuh Kecamatan Terendam Banjir di Kabupaten Bandung

Dianggap lumrah

Saat dikonfirmasi, Emil membenarkan soal adanya warga yang mengeluh lantaran banjir tak kunjung surut. Ia menilai, dialog itu lumrah terjadi antara warga dengan pemimpin daerah. 

"Itu kepedulian seorang gubernur terhadap masalah. Kenapa datang ke Dayeuhkolot karena sebelumnya ke Andir. Warga bertanya ini gimana solusinya, saya bilang sedang dikerjakan. Apa buktinya, Cieuntung sudah selesai. Tapi kan Pak gak menyelesaikan, betul karena kapasitasnya belum banyak," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (8/4/2019).

Emil pun menganggap wajar ketika ada warga yang melampiaskan keluh kesahnya kepada kepala daerah.

Ia berharap dialog itu bisa memberi pemahaman kepada warga jika pemerintah tak diam menyikapi banjir Kabupaten Bandung.

"Gaya saya zaman wali kota, setiap ada hal begitu saya turun. Bahwa yang dicurhati kesal, kalau saya jadi dia pasti sama. Mau nyalahin siapa, adanya gubernur mungkin jadi gubernur yang disemprot. Bagi saya gak ada masalah, kenapa saya jadi gubernur karena saya ingin membereskan masalah itu," tutur Emil.

Ia menyadari jika ada harapan besar dari warga korban banjir agar dimasa kepemimpinannya masalah banjir Kabupaten Bandung bisa teratasi.

Baca juga: Banjir di Kabupaten Bandung, Ketinggian Air Mencapai 2 Meter

Namun, ia meminta warga bersabar lantaran ragam proyek yang dikerjakan membutuhkan waktu.

"Saya orang rasional, bekerja pakai ukuran. Hanya jangan menganggap kami gak bekerja. Saya akan melawan argumen yang mengatakan seolah dipersepsikan pemerintah gak bekerja. Kita gak ngeles, hanya ingin mendudukan secara proporsional. Media silakan meliput keluhan warga, tapi tolong liput juga konteks meliput itu proyeknya supaya berita berimbang. Bahwa dalam kefrustasian situasi mereka melihat pemerintah sedang bekerja," jelasnya. 


Let's block ads! (Why?)

https://regional.kompas.com/read/2019/04/08/13483051/ridwan-kamil-tanggapi-video-viral-korban-banjir-yang-protes-ke-dirinyahttps://desimpul.blogspot.com/2019/04/ridwan-kamil-tanggapi-video-viral.html

No comments:

Post a Comment