Pages

Wednesday, April 3, 2019

FOTO: Jalan di Toraja Barat Ini Bisa Jadi Spot Selfie - Kareba Toraja

KAREBATORAJA.COM, MASANDA — Objeknya memang hanya sebuah jalan yang baru diperbaiki. Tapi pemandangan alam di sekitarnya bisa membuat jalan ini menjadi spot foto selfie yang menarik.

25 November 2017 yang lalu, ribuan warga Kecamatan Masanda terisolir karena jalan penghubung antara kecamatan mereka dengan kecamatan tetangganya, Bittuang, atau ke ibukota kabupaten Tana Toraja, terputus total akibat tanah longsor.

Selama kurang lebih satu minggu warga Masanda terisolir karena longsor di tiga lokasi yang terletak di Lembang Paku, terlampau parah sehingga membutuhkan waktu lama untuk membersihkan material dan rekonstruksi jalan.

Namun, beberapa bulan kemudian, lokasi longsor di tiga titik tersebut berhasil dibersihkan oleh pemerintah kabupaten Tana Toraja bersama Balai Jalan Nasional VII Makassar. Proses rekonstruksi jalan negera ini pun dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Makassar.

Ruas jalan ini ditangani oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Makassar karena merupakan ruas jalan nasional yang menghubungan dua provinsi, yakni Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Tepatnya, menghubungkan dua kabupaten, Tana Toraja (Sulsel) dan Mamasa (Sulbar).

Kini, proses rekonstrusi tiga titik longsor di Lembang Paku, Kecamatan Masanda, ini sudah selesai dilaksanakan. Hasilnya, luar biasa. Anda bisa lihat sendiri kondisi jalan di tiga titik longsor itu pada foto-foto yang disertakan dalam artikel ini.

Selain kondisinya yang bagus, lokasi ini bisa menjadi spot foto selfie yang baik bagi para penggemarnya. Anda mungkin tidak percaya, tapi sekali-kali cobalah ke sana. Karena, selain kondisi jalan dari Makale hingga ke Masanda sudah mulus, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke salah satu objek wisata paling terkenal di Masanda, bukit Pa’baladoan.

Pa’baladoan adalah sebuah bukit yang terletak di Lembang Sesesalu, Kecamatan Masanda, yang menawarkan pemandangan area persawahan dengan bangunan Tongkonan di tengah serta jalan yang meliuk-liuk itu berada di Lembang Sesesalu; daerah perbatasan antara Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Jika musim liburan tiba, silahkan menjadwalkan perjalanan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Tana Toraja bagian barat ini. Karena bicara wisata Tana Toraja masih banyak yang mesti Anda ketahui. (*)
Penulis/foto: Arthur

  • 1.4K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Let's block ads! (Why?)

https://www.karebatoraja.com/foto-jalan-di-toraja-barat-ini-bisa-jadi-spot-selfie/https://desimpul.blogspot.com/2019/04/foto-jalan-di-toraja-barat-ini-bisa_13.html

No comments:

Post a Comment