Pages

Thursday, March 7, 2019

Ini Kritik Politisi Muslim Soal Israel, Pemicu Resolusi Anti-Semit... - SINDOnews

loading...

WASHINGTON - DPR Amerika Serikat (AS) meloloskan resolusi Partai Demokrat untuk mengutuk anti-Semitisme, Islamophobia, dan ekspresi fanatik lainnya. Adalah pernyataan dari politisi Muslim Ilhan Omar yang memicu lahirnya resolusi ini.

Ilham Omar telah menjadi pusat kontroversi selama berminggu-minggu di Washington. Perwakilan dari Minnesota ini telah menimbulkan kontroversi karena kritikannya terhadap Israel dan tuduhan anti-Semit atau anti-Yahudi. Kritikan datang dari Partai Republik maupun Partainya sendiri, Partai Demokrat.

Lalu apa yang membuatnya berada dipusaran kontroversi hingga melahirkan resolusi anti-Semit dan Islamophobia?

Baca Juga:

Ada dua hal. Kontroversi pertama adalah cuitan Omar yang mengatakan dukungan untuk Israel adalah "It's All About The Benjamins (Ini semua tentang bayi Benjamin)," merujuk pada lagu Puff Daddy. Menurut para kritikus, hal itu memberi kesan bahwa pelobi pro Israel AIPAC membeli politisi Amerika Serikat (AS). Ia kemudian menghapus tweet tersebut dan meminta maaf.

Ketika kontroversi mereda, muncul yang lainnya. Berbicara dalam sebuah panel degan sesama anggota Kongres Muslim, Rashida Tlaib, Omar mengkritik tweetnya pada 2012 tentang Israel, mengeluhkan bahwa klaim anti-Semitisme sering digunakan untuk membungkam kritik yang sah terhadap Israel.

"Saya berbicara tentang pengaruh politik di negara ini yang mengatakan tidak apa-apa bagi orang untuk mendorong kesetiaan kepada negara asing," ujarnya seperti dikutip dari NYMag.com, Jumat (8/3/2019).

Pernyataan-pernyataan inilah yang memicu masalah.

Komentar Omar terkait AIPAC menuai kritik dari Partai Republik dan Partai Demokrat. Petinggi Partai Demokrat di DPR AS bahkan sampai menyerukannya untuk meminta maaf dan Presiden Donald Trump menyerukan ia untuk mundur.

Komentarnya tentang loyalitas ganda juga menuai kritik dari kedua belah pihak. Seorang perwakilan Partai Demokrat Eliot Engel menuduh Omar menggunakan cercaan anti-Semit yang keji dan seorang perwakilan Partai Republik Steve Scalise menyebutnya sebagai ancaman keamanan nasional.

Let's block ads! (Why?)

https://international.sindonews.com/read/1384921/42/ini-kritik-politisi-muslim-soal-israel-pemicu-resolusi-anti-semit-as-1552019981https://desimpul.blogspot.com/2019/03/ini-kritik-politisi-muslim-soal-israel.html

No comments:

Post a Comment