Pages

Monday, February 4, 2019

FPKB Menolak Draf RUU Permusikan Yang Tengah Viral di Sosial Media - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) secara tegas menolak Draf Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan yang tengah viral di sosial media. Pimpinan Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsulrijal juga menyesalkan Draf RUU Permusikan yang baru usulan itu sudah tersebar ke publik.

“Draf ini sifatnya masih usulan, belum ada bamus dan kalau nafasnya seperti ini, Fraksi PKB dengan tegas menolak karena Draf ini yang diuntungkan hanya industri besar, sementara musisi kita tidak diakomodir kepentingannya,” kritik Politisi yang akrab disapa Kang Cucun di ruang kerjanya lantai 19 DPR RI, Senin (4/2/2019).

Semangat Draf RUU Permusikan itu sejatinya mampu memperkaya bangsa ini dengan khazanah musik tanah air, termasuk bagaimana mengangkat harkat , martabat dan kesejahteraan musisi kita.

“Bukan justru merugikan. Pasal 32 misalnya, disana diatur musisi wajib uji kompetensi agar di akui profesi musisinya, Ini kan aneh. Musisi dikenal publik karena karya bukan lulus ujian kompetensi,“ tegas Kang Cucun yang kembali nyaleg di Dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu.

Sedari awal Fraksi PKB memang kerap melontarkan penolakannya terkait Draff RUU Permusikan, dirinya mengaku telah mengusulkan agar melibatkan pakar, khususnya seniman dan para musisi.

“Kita perlu mendengar masukan mereka, karena musisilah yang mengerti betul apa sebenarnya yang perlu di regulasikan,“ ujar pria karib disapa Kang Cucun ini.

Kepada rekan lintas Fraksi, khususnya Pimpinan Fraksi di DPR, Kang Cucun meminta untuk meninjau ulang Draf tersebut. Dirinya merasa aneh, kok justru membuat kegaduhan yang tak perlu.

“Kita himbau, rekan DPR khususnya pimpinan Fraksi, Draf ini dikaji ulang sebelum masuk di Baleg. Tapi kalau dipakasakan saya pimpinan Fraksi PKB akan tugaskan anggota kita di Baleg menolak. Draff ini sudah membuat gaduh dan memetakan konflik antara mususi kita di tanah air,“ tandas Kang Cucun.

Fraksi PKB yang selama ini kerap melakukan edukasi politik dikalangan rekan artis baik dari kalangan musisi atau perfilman, rencananya akan memfasilitasi kawan-kawan musisi khususnya untuk membahas Draff RUU Permusikan tersebut.

“Kita duduk bareng, Fraksi PKB membuka pintu untuk hearing, untuk audiensi mengkaji lebih detail bagaimana idealnya Draff RUU Permusikan ini. Semangat kita adalah bagaimana memajukan musik tanah air, karya anak bangsa kita dihargai, musisi kita sejahtera diantara pertarungan industri musik di era digital ini,” katanya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2019/02/04/fpkb-menolak-draf-ruu-permusikan-yang-tengah-viral-di-sosial-mediahttps://desimpul.blogspot.com/2019/02/fpkb-menolak-draf-ruu-permusikan-yang.html

No comments:

Post a Comment