Pages

Friday, February 8, 2019

Disdik Kota Cimahi Akan Melakukan Kajian Terkait Sistem Zonasi Dalam PPDB 2019 - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Pendidikan Kota Cimahi, akan melakukan pengkajian terkait regulasi Penerimaan Peserta Didik Baru/ PPDB 2019 dengan adanya aturan atau sistem zonasi.

Hal tersebut dilakukan, karena hingga saat ini regulasi untuk PPDB tahun 2019 terkait aturan zonasi tersebut masih belum menemui kepastian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengatakan, terkait detail zonasi, seperti pengaturan radius domisili dengan sekolah akan dilakukan pengkajian dengan mendata para calon siswa baik yang akan melanjutkan ke tingkat SD, SMP hingga SMA.

"Jadi untuk radius ini kita harus petakan dulu dan didata, misal anak kelas VI SD yang mau masuk ke SMP jumlahnya berapa dan yang mau masuk ke SMP berapa," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (8/2/2019).

Dalam pendataan untuk pengaturan radius itu, pihaknya bakal melibatkan sejumlah instansi pemerintahan terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi.

Menurutnya, peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 51 Tahun 2019 tentang PPDB, secara detail belum dijelaskan mengenai radius domisili dengan sekolah dan sebagainya.

"Dalam Permen itu, baru menyatakan bahwa diatur kewajiban sekolah memprioritaskan peserta didik yang memiliki Kartu Keluarga atau surat keterangan domisili sesuai dengan satu wilayah asal (zonasi) yang sama dengan sekolah asal," katanya.

Sementara untuk lebih detailnya, kata Hendra, akan dibahas oleh Pemerintah Daerah.

Ia mengatakan dengan adanya sistem zonasi yang diperketat ini, pihaknya berharap praktik jual beli kursi di Kota Cimahi bisa diminimalisir.

"Meskipun memang sejauh ini belum ada temuan untuk di Kota Cimahi," katanya.

Ahok Gabung dengan PDI-P Tanpa Jabatan Apapun, Pertimbangannya Sudah Matang

Chat WhatsApp Sambil Nonton Video dari Youtube, Instagram & Facebook Bisa Lho, Gini Cara Gampangnya

Let's block ads! (Why?)

http://jabar.tribunnews.com/2019/02/08/disdik-kota-cimahi-akan-melakukan-kajian-terkait-sistem-zonasi-dalam-ppdb-2019https://desimpul.blogspot.com/2019/02/disdik-kota-cimahi-akan-melakukan.html

No comments:

Post a Comment