Pages

Sunday, November 4, 2018

Inggris Desak PBB Keluarkan Resolusi Damaikan Yaman

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Inggris mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengeluarkan resolusi baru untuk mengakhiri perang sipil di Yaman.

Baca:

London meyakini ada peluang untuk pertama kalinya tercapai solusi politik atas krisis yang sedang terjadi.

“Sudah terlalu lama konflik terjadi di Yaman dan pihak yang bertikai meyakini solusi militer tapi terjadi konsekuensi bahaya besar bagi rakyat,” kata Jeremy Hunt, menteri Luar Negeri Inggris, seperti dilansir media Sky News pada Senin, 5 November 2018.

Hunt melanjutkan,”Sekarang untuk pertama kalinya muncul kesempatan bagi pihak bertikai untuk datang ke meja perundingan, berhenti saling bunuh, dan mencapai solusi politik, yang merupakan solusi jangka panjang untuk keluar dari bencana,” kata Hunt.

Baca:

Saat ini, koalisi pasukan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mendukung pasukan pemerintah Yaman melawan pasukan Houthi, yang didukung pasukan Iran.

Ini merupakan pernyataan yang mengeras dari London terhadap pemerintah Arab Saudi. Selama tiga setengah tahun terakhir, pemerintah Inggris mendukung operasi militer Arab Saudi dengan informasi intelijen, dan menyuplai senjata serta pesawat tempur.

Para siswa menerimba buku saat belajar di rumah guru, yang mengubah rumah pribadinya jadi sekolah untuk 700 murid di Taiz, Yaman, 18 Oktober 2018.[REUTERS/Anees Mahyoub]

Tapi perang ini malah menyebabkan ribuan warga sipil tewas dan memicu terjadinya kelaparan massal. Kondisi yang semakin parah ini menekan Inggris agar menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi.

Baca:

Seorang diplomat asing mengatakan ada rencana untuk merancang resolusi di Dewan Keamanan PBB. Resolusi ini berisi perintah penghentian pertempuran dan sikap bermusuhan, memulai pembicaraan damai untuk mencapai gencatan senjata permanen. “Kata-kata persisnya akan ditentukan tapi apapun itu tujuannya seperti itu,” kata diplomat ini.

Baca:

Pemerintah Arab Saudi saat ini juga menghadapi tekanan dari dunia internasional untuk mengungkap kasus tewasnya kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi. Seperti dilansir Reuters, pemerintah AS, Inggris, Prancis, Jerman dan Turki mendesak Saudi untuk mengungkap dalang pembunuhan Jamal Khashoggi dan mengadilinya.

Let's block ads! (Why?)

https://dunia.tempo.co/read/1143155/inggris-desak-pbb-keluarkan-resolusi-damaikan-yamanhttps://desimpul.blogspot.com/2018/11/inggris-desak-pbb-keluarkan-resolusi.html

No comments:

Post a Comment