Pages

Sunday, October 7, 2018

Doyan ke Gunung? 4 Aplikasi Ini Harus Kamu Miliki di Smartphonemu!

Segera download sebelum mendaki...

Mendaki gunung bukan aktivitas yang mudah. Selain persiapan fisik, persiapan mental dan wawasan soal medan dan cara bertahan adalah bekal yang juga tidak boleh ketinggalan.

Nah, untuk mempermudahmu dalam survival , jangan sia-siakan sederet manfaat kehadiran teknologi digital berikut. Empat aplikasi untuk mendaki berikut ini akan membuatmu lebih terbantu dalam menentukan langkah saat hiking.

1. Alltrails

Doyan ke Gunung? 4 Aplikasi Ini Harus Kamu Miliki di Smartphonemu!atlasandboots.com

Aplikasi ini sangat populer terutama di bagian Kanada dan Amerika Serikat. Pasalnya, Alltrails mempunya koleksi database rute perjalanan yang sangat banyak. Bahkan, beberapa pencarian rute juga dapat difilter, seperti rute perjalanan yang mudah untuk anak-anak dan pemula.

Alltrails tersedia secara gratis baik untuk pengguna iOS maupun Android. Versi tidak berbayar ini memungkinkanmu menciptakan sendiri rute hiking yang dilengkapi GPS tracking, foto dan teks, dan membagikannya dengan pengguna lain. Sementara bila mengupgrade ke versi berbayar, kamu akan mendapat keuntungan partnership dengan National Geographic Maps dan akses untuk mencetak serta mengedit peta.

2. Compass

Doyan ke Gunung? 4 Aplikasi Ini Harus Kamu Miliki di Smartphonemu!play.google.com

Dalam rimbun dan gelapnya kedalaman hutan, mencari arah bisa jadi pekerjaan yang luar biasa susah, apalagi jika dalam keadaan darurat. Meski banyak cara konvensional yang bisa dilakukan, tetapi aplikasi Compass dalam ponselmu akan membantu dengan lebih cepat.

Aplikasi penunjuk arah mata angin ini dapat bekerja dalam mode offline. Compass dapat menunjukkan orientasi dan lokasimu saat ini secara real time dalam bentuk derajat. Kamu juga akan mendapati informasi soal garis lintang maupun bujur bila fitur GPS ponsel diaktifkan.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

Baca Juga: Kamu Musisi? Cek 5 Aplikasi Ini Kalau Ingin Meproduksi Musikmu Sendiri

3. PMI First Aid

Doyan ke Gunung? 4 Aplikasi Ini Harus Kamu Miliki di Smartphonemu!148apps.com

Khusus Indonesia, PMI juga ikut sumbangsih dalam misi penyelamatan. Aplikasi ini akan sangat membantu bagi para pemula khususnya karena memberikan sejumlah informasi bermanfaat tentang pertolongan pertama yang harus dilakukan bila terjadi kendala terkait kesehatan dan keselamatan di sekitarmu.

Kendala ini pun dibagi ke dalam beberapa jenis, seperti misal alergi, pendarahan, atau yang lainnya. Tidak hanya dalam teks, informasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan gambar sehingga lebih jelas. Tidak lupa, ada pula nomor telepon darurat yang bisa kamu hubungi bila berada dalam kondisi yang berbahaya.

4. Flashlight

Doyan ke Gunung? 4 Aplikasi Ini Harus Kamu Miliki di Smartphonemu!amazon.com

Tentu senter konvensional juga tetap harus ada di dalam ranselmu. Walau begitu, tidak ada salahnya melengkapi ponselmu dengan aplikasi Flashlight. Hmm... Mungkin kamu akan bertanya-tanya, memangnya fitur flashlight bawaan perangkat keras ponsel saja tidak cukup?

Sebenarnya, dalam aplikasi ini kamu tidak hanya mendapatkan fitur senter biasa (pastikan bahwa memang ponselmu juga punya fitur senter, ya). Flashlight juga dilengkapi dengan fitur SOS yang bisa kamu gunakan bila dalam kondisi darurat.

Selain empat aplikasi di atas, kamu mungkin juga membutuhkan aplikasi pendukung informasi cuaca, rasi bintang, dan lain-lain. Apa pun kebutuhannya, pastikan kamu menyiapkannya dengan maksimal agar hiking jadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan, ya.

Baca Juga: 6 Aplikasi Traveling Ini Bantu Kamu Ketemu Teman Baru!

Let's block ads! (Why?)

https://www.idntimes.com/tech/gadget/shelly-salfatira/4-aplikasi-wajib-di-smartphone-untuk-para-pendaki-gununghttps://desimpul.blogspot.com/2018/10/doyan-ke-gunung-4-aplikasi-ini-harus.html

No comments:

Post a Comment