Pages

Saturday, May 4, 2019

Rekapitulasi Hasil Pemilu LN Hari Ini Diprediksi Hanya 15 Negara - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai proses rekapitulasi untuk pemilu di luar negeri pada Sabtu (4/5/2019) ini. Padahal target KPU pada hari ini akan menyelesaikan 25 negara yang berhasil direkap datanya dari total 130 negara.

Namun, sampai pukul 16.00 WIB, baru empat negara yang berhasil direkap hasil pemilunya. Padahal proses rekap sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Pantauan SP di gedung KPU, Jln Imam Bonjol, Jakarta Pusat, yang merupakan lokasi rekapitulasi menunjukkan‎ empat negara yang berhasil direkap adalah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Pyong Yang (Korea Utara), Tashkent (Uzbekistan), Tunis (Tunisia), dan Karachi (Pakistan).

Alotnya proses rekapitulasi karena banyaknya interupsi yang mempertanyakan masalah teknis terkait pelaksanaan pemilu luar negeri. ‎Misalnya banyak pihak yang mempertanyakan jumlah pemilih tambahan. Kemudian ada yang mempertanyakan perhitungan suara yang dikirim lewat pos.

Saksi dari Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Arif Wibowo mengemukakan dari 25 negara yang ditargetkan akan selesai hari ini, hanya 15-17 yang sudah menyiapkan datanya. Dia memprediksi yang bisa direkap pada hari ini hanya 15 negara.

"Tadi sudah empat. Terus 12 menyatakan sudah siap. Maka hari ini, mungkin 15-17 PPLN saja yang berhasil direkap," tuturnya.

‎Sementara itu, data rekapan terhadap negara yang sudah dilakukan, ‎untuk PPLN Tunis, ada 134 pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Dari jumlah tersebut, perolehan suara untuk pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin berimbang dengan pasangan Prabowo Subianto dan Sandi Uno. Kedua pasangan masing-masing mendapatkan 66 suara dengan dua suara tidak sah.

‎Dari Tashkent, ada 70 pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Dari jumlah tersebut, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 51 suara, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraih 18 suara.‎ Ada satu suara tidak sah pada pemilu di Tashkent.
Untuk PPLN Karachi, terdapat 203 pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Di negara ini Prabowo-Sandi menang telak dengan meraih 174 suara. Sementara Jokowi-Ma'ruf hanya meraih 27 suara. Suara tidak sah ada 2 suara.

Sumber: Suara Pembaruan

Let's block ads! (Why?)

https://www.beritasatu.com/nasional/552374/rekapitulasi-hasil-pemilu-ln-hari-ini-diprediksi-hanya-15-negarahttps://desimpul.blogspot.com/2019/05/rekapitulasi-hasil-pemilu-ln-hari-ini.html

No comments:

Post a Comment