Pages

Sunday, May 5, 2019

PBB: 10 Juta Warga Korut Sangat Kekurangan Pangan - BeritaSatu

Pyongyang, Beritasatu.com- Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan 10 juta warga Korea Utara (Korut) menderita kekurangan pangan parah. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Sabtu (4/5), PBB menyatakan negara Asia Timur itu mengalami panen terburuk dalam satu dekade.

Pada Jumat (3/5), PBB menyatakan empat dari 10 warga Korea Utara secara kronis kekurangan makanan dan pemotongan lebih lanjut untuk jatah minimal sudah diperkirakan setelah panen terburuk dalam satu dekade.

"Kami prihatin dengan gandum, jelai dan tanaman kentang tahun ini, yang memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga selama musim mendatang, meskipun hanya menyumbang sekitar 10 persen dari total produksi," kata Mario Zappacosta, ekonom senior FAO dan pimpinan misi.

Korut memberlakukan jatah pangan resmi turun menjadi 300 gram - di bawah 11 ons per orang per hari, terendah selama periode tahun 2019. Penjatahan itu dikatakan PBB setelah penilaian ketahanan pangan berdasarkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan Program Pangan Dunia (WFP) ) misi ke Korut pada April lalu dan pada November 2018.

“Ditemukan 10,1 juta orang menderita kerawanan pangan parah, yang berarti mereka tidak memiliki cukup makanan sampai panen berikutnya," kata juru bicara WFP, Herve Verhoosel.

Menurut Biro Pusat Statistik, populasi Korea Utara adalah sekitar 25,2 juta jiwa.

Verhoosel mengatakan kata "kelaparan" memang belum digunakan dalam krisis saat ini, tetapi mungkin akan terjadi dalam beberapa bulan atau tahun. "Situasinya sangat serius hari ini - itu fakta," tambahnya.

Selama bertahun-tahun, Korea Utara mengandalkan pasokan reguler bantuan pangan PBB. Output pertanian Korut sebesar 4,9 juta ton adalah yang terendah sejak 2008-2009, yang mengarah ke defisit pangan 1,36 juta ton pada tahun pemasaran 2018-2019.

Sumber: Suara Pembaruan

Let's block ads! (Why?)

https://www.beritasatu.com/dunia/552521/pbb-10-juta-warga-korut-sangat-kekurangan-panganhttps://desimpul.blogspot.com/2019/05/pbb-10-juta-warga-korut-sangat.html

No comments:

Post a Comment