Pages

Thursday, May 9, 2019

Lonjakan Harga Bawang Putih di Pasar Masih Tinggi - Warta Kota

Klaim Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang menyebut, harga bawang putih tertinggi adalah Rp 30.000 per kilo ternyata tidak sesuai kondisi di lapangan.

Di pasar-pasar tradisional, harga bawang putih masih terpantau tinggi.

Salah satu pedagang di Lokbin Pasar Minggu, Sriwati (38) mengatakan, harga jual untuk bawang merah sekitar Rp 35.000 per kilogram.

Terkait dengan bawang putih, harga masih di kisaran Rp 50.000 per kilogram.

Meskipun masih cukup tinggi, ia menyebutkan, harga telah mengalami sedikit penurunan harga dibandingkan dengan hari pertama Ramadan lalu.

"Cabai Rawit dan Keriting harganya di sekitaran Rp 30.000 sampai Rp 35.000, sementara pada awal bulan puasa lalu bisa mencapai Rp 40.000 per kilogram."

"Kalau bawang putih turun jadi Rp 50.000, sebelumnya sempat Rp 60.000," ungkapnya di sela berjualan, Kamis (9/5/2019).

Sriwati tak bisa memrediksi, ke depan apakah harga akan kembali melonjak atau justru menurun.

Namun, berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, ia memrediksi akan terjadi kenaikan harga semakin dekatnya dengan hari raya Idul Fitri.

"Saya harap harganya ini bisa terus stabil hingga hari raya nanti. Sebab setiap kali mendekati Hari Raya Idul Fitri harga bahan pangan terus melonjak," ungkapnya.

Pedagang bahan pokok lainnya, Semy Yonathan (41), menambahkan, harga bahan pokok selama Ramadhan kali ini cenderung naik turun atau tidak stabil.

"Kalau harga itu tidak pernah stabil selama bulan Ramadan," katanya.

Menurut Semy, meski hari ini harga bahan pokok turun, namun bila nanti mendekati Hari Raya Idul Fitri belum tentu masih sama, bisa jadi harganya tiba-tiba melonjak tinggi.

"Karena itu kami sangat berharap kepada pemerintah, agar dapat mempertahankan harga sembako yang stabil," pintanya.

Setidaknya semenjak sepekan lalu masyarakat dibuat bingung lantaran sejumlah harga kebutuhan pokok merangsek naik. Bahkan, kenaikan harga untuk bawang putih dinilai tidak wajar karena melonjak lebih dari 100 persen dibandingkan harga normal.

Let's block ads! (Why?)

http://wartakota.tribunnews.com/2019/05/09/lonjakan-harga-bawang-putih-di-pasar-masih-tinggihttps://desimpul.blogspot.com/2019/05/lonjakan-harga-bawang-putih-di-pasar.html

No comments:

Post a Comment