Pages

Sunday, May 5, 2019

Ikan Gabus Pasca Operasi Caesar - kumparan.com

Saya percaya bahwa setiap bayi akan memilih jalan lahirnya sendiri. Mika pun akhirnya memilih caesar setelah diinduksi sebanyak 3 kali. Sakit? Pasti. Tapi baik normal ataupun caesar, yang terpenting adalah bayi dan ibu bisa sama-sama selamat.

Nah pasca melahirkan secara caesar, luka sayatan operasi tersebut seringkali menimbulkan rasa ngilu bahkan sakit. Salah satu perawatan pasca melahirkan caesar adalah dengan mengonsumsi ikan gabus.

Kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka sayatan dan jahitan bekas operasi caesar. Saya adalah salah satu ibu yang mengonsumsi ikan gabus setelah melahirkan caesar lho, Moms. Namun karena ikan gabus ini sudah langka di pasar, harganya pun jadi mahal sekali. Untuk 5 ekor ikan gabus harganya mencapai Rp 50.000.

Meskipun bentuk kepala ikan gabus seperti belut yang membuat saya takut untuk memakannya, tapi rasanya enak lho Moms seperti ikan lele, walaupun teksturnya cenderung agak keras. Selama proses penyembuhan, ikan gabus itu saya konsumsi dengan cara digoreng dan kepalanya sengaja dipotong agar tidak terlihat. Selama seminggu mengonsumsi ikan gabus ini, saya sudah bisa naik turun tangga, berboncengan motor bahkan bepergian.

Albumin sendiri adalah semacam protein yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Khususnya dalam membuat luka jahitan menjadi lebih cepat kering dan menyembuhkan bengkak pada luka sehingga proses pemulihan setelah operasi pun bisa menjadi lebih cepat.

Selain itu, ternyata ikan gabus dapat mendukung kebutuhan gizi bagi ibu menyusui. Kandungan protein dalam ikan gabus mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu produksi ASI pada ibu tetap lancar.

Nah, Moms yang baru melahirkan khususnya secara caesar jangan lupa konsumsi ikan gabus juga ya!

Semoga bermanfaat.

By: Halida agustini via Babyologist

Let's block ads! (Why?)

https://kumparan.com/babyologist/ikan-gabus-pasca-operasi-caesar-1r1JV8bZPlnhttps://desimpul.blogspot.com/2019/05/ikan-gabus-pasca-operasi-caesar.html

No comments:

Post a Comment