Pages

Friday, March 8, 2019

Waspada, Harga Batubara di Pasar Dunia Kian Tertekan Oleh Perlambatan Ekonomi Global - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sinyal perlambatan ekonomi global turut menekan harga batubara pada perdagangan Jumat (8/3/2019).

Mengutip Bloomberg, pukul 19:00 WIB, harga batubara di bursa ICE New Castle kontrak Maret 2019, terpantau berada di level US$ 95,90 per metrik ton. Angka ini merosot 1,74% dari posisi sebelumnya di level US$ 97,60 per metrik ton.

Dalam sepekan, peharga batubara terkoreksi 1,13% dengan titik tertinggi di harga US$ 98,15 per metrik ton pada Senin (4/3/2019) dan titik terendah pada hari ini, Jumat (8/3/2019).

Deddy Yusuf Siregar, analis Asia Tradepoint Futures menuturkan, proyek negara kawasan Eropa untuk mengurangi emisi turut memberi pengaruh signifikan pada permintaan batubara.

Hal ini bisa dilihat dari penutupan salah satu dari lima pembangkit listrik berbahan dasar batubara di Belanda.

Belanda menargetkan tidak lagi menggunakan batubara sebagai sumber energi dan bahan utama pembangkit listrik pada 2030 mendatang. Hal ini seperti tercantum dalam kesepatan koalisi partai pemenang Pemilu 2017.

"Tak hanya Belanda, ini pula terjadi di Inggris sebagai cara untuk melanjutkan kampanye perlindungan iklim usai Perjanjian Paris 2015 silam," jelas Deddy.

Perlambatan ekonomi yang menerjang, khususnya perekonomian China, juga mempengaruhi produksi dan permintaan batubara global. Sehingga pasar batubara saat ini memiliki suplai terbatas.

Selanjutnya, pernyataan bernada dovish dari Gubernur Bank Sentral Eropa (Europe Central Bank, ECB), Mario Draghi yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini dari 1,9% ke level 1,1%. Hal ini makin nyata menunjukan perlambatan ekonomi juga mempengaruhi negara-negara di kawasan lain.

Hal memprihatinkan juga datang dari keadaan ekonomi Inggris yang menurun karena masih berlarut pada masalah Brexit.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/03/09/waspada-harga-batubara-di-pasar-dunia-kian-tertekan-oleh-perlambatan-ekonomi-globalhttps://desimpul.blogspot.com/2019/03/waspada-harga-batubara-di-pasar-dunia.html

1 comment:

  1. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.CO
    Minimal Deposit / Withdraw : Rp.20.000,-
    Bonus Refferal 20% Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over 0.5% Tanpa Batas .
    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID .
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - SAKONG - BANDAR66
    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ , BANDAR POKER , BANDAR66.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam

    ReplyDelete