Pages

Friday, March 8, 2019

Terobosan Desa Karanganyar Purbalingga Buat Aplikasi untuk Transparansi Publik - Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki
TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA-Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar Purbalingga punya terobosan menarik untuk mewujudkan transparansi publik.

Pemdes Karanganyar sedang menyiapkan tiga aplikasi untuk mendukung transparansi publik.

Tiga aplikasi yang sedang dalam proses pembuatan ini meliputi aplikasi buku tanah desa (letter c), aplikasi pemetaan dan aplikasi tentang portal UMKM desa.

“Aplikasi letter c desa atau aplikasi tentang pertanahan ini nantinya digunakan untuk menyimpan dokumen letter c desa, semua aplikasi ini sedang dalam proses pembuatan,” kata Kepala Desa (Kades) Karanganyar, Tofik, (8/3).

Tofik menjelaskan, untuk pembuatan aplikasi pemetaan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan aplikasi Letter C desa sudah tersedia sehingga tinggal memasukan data ke dalam aplikasi.

Adapun untuk portal UMKM, pihaknya sedang membuatnya bersama mahasiswa KKN Unsiq Wonosobo.

Pembuatan tiga aplikasi ini, menurut Tofik melanjutkan program Pemdes yang menargetkan semua administrasi pemerintahan desa bisa berbasis aplikasi.

Apalagi, Desa Karanganyar telah memiliki aplikasi terkait dengan pelayanan dan keuangan.

“Informasi desa kan sudah, lha berarti ini tinggal pemetaan, pertanahan terus kemudian e-commercenya yang kaitannya untuk pengembangan usaha masyarakat,” jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

http://jateng.tribunnews.com/2019/03/08/terobosan-desa-karanganyar-purbalingga-buat-aplikasi-untuk-transparansi-publikhttps://desimpul.blogspot.com/2019/03/terobosan-desa-karanganyar-purbalingga.html

No comments:

Post a Comment