Pages

Sunday, March 3, 2019

Ikan Belida Bahan Baku Pempek Tak Hanya Populer di Palembang tapi juga Kaltim - Bangka Pos

BANGKAPOS.COM - Jika Tribunners ke Kota Samarinda, jangan lupa membeli amplang sebagai oleh-oleh bagi orang-orang terkasih.

Amplang adalah kerupuk khas Kalimantan Timur yang berbahan dasar ikan. Terdapat beberapa jenis ikan yang biasanya menjadi bahan dasar kerupuk ini,seperti ikan gabus dan tenggiri.

Selain di Kaltim, ikan ini juga populer di Palembang, sebagai bahan dasar kerupuk yang disebut kemplang. Pernah juga menjadi bahan utama pembuatan pempek, yang sekarang sudah diganti dengan ikan tenggiri.

Tentang Ikan Belida

Ikan belida merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam spesies chitala lopis dan suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau).

Ikan ini lebih populer dengan nama ikan belida, yang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan yang menjadi habitatnya.

Deleg, Ikan yang Banyak Terdapat di Bangka Belitung ini Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Diabetes

Orang Banjar menyebutnya ikan pipih, yang sering juga menjadi sebutannya di Kaltim. Jenis ikan ini dapat ditemui di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya.

Termasuk ke dalam family Notoperidae, ikan ini ternyata masuk dalam kelompok ikan primitif atau purba.

Penyebaran ikan belida di wilayah Indonesia meliputi sungai-sungai besar beserta daerah aliran sungai, daerah banjiran dan danau. 

Ikan Belida
Ikan Belida (HO/Dictio)

Bentuknya unik. Pipih, dan beberapa ada yang memiliki corak berbentuk bulatan pada tubuhnya. Bentuk yang unik ini juga menjadikannya cocok dipelihara di akuarium sebagai ikan hias.

Uniknya lagi, ikan ini merupakan ikan predator. Ia memangsa ikan-ikan kecil dan krustasea atau udang-udangan.

Let's block ads! (Why?)

http://bangka.tribunnews.com/2019/03/04/ikan-belida-bahan-baku-pempek-tak-hanya-populer-di-palembang-tapi-juga-kaltimhttps://desimpul.blogspot.com/2019/03/ikan-belida-bahan-baku-pempek-tak-hanya.html

No comments:

Post a Comment