Pages

Monday, February 4, 2019

Kominfo Gelar Pertunjukan Rakyat Bertema 'JKN untuk Indonesia Sehat' di Sukoharjo - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, SUKOHARJO - Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) RI mengadakan dialog interaktif melalui pertunjukan rakyat di
Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

Dialog mengambil tema “Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Indonesia Sehat”.

Kasubdit Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kominfo RI, Wiryanta mengatakan dialog semacam ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait program dan kebijakan pemerintah terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"JKN merupakan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat. Oleh karena itu dialog semacam ini diperlukan," ujar Wiryanta.

Menurut dia, media pertunjukan rakyat dipilih karena memiliki sifat menghibur dan dapat menyampaikan pesan dalam suasana santai dan menyenangkan, sehingga lebih menarik perhatian masyarakat.

"Selain itu pagelaran media pertunra juga dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan kesenian tradisional yang saat ini eksistensinya mulai tergerus oleh media massa modern dan media baru," ujarnya.

Kekuatan media tradisional, menurut Wiryanta, diperlukan sebagai media penyebaran informasi terletak pada unsur cerita dan dialog yang pesannya disampaikan secara luwes/fleksibel sesuai dengan budaya lokal masyarakat.

"Di sisi lain, pertunra memiliki sentuhan yang berdimensi personal dan budaya sehingga tercipta komunikasi yang efektif dan persuasif, serta mudah diterima masyarakat," ujarnya.

Apalagi, sesuai amanat undang–undang, masyarakat berhak mendapatkan informasi terkait program dan kebijakan pemerintah baik yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan.

"Dengan penyampaian informasi yang baik, masyarakat diharapkan dapat mengetahui dan memahami serta dapat berperan aktif dan mendukung program pemerintah," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/02/04/kominfo-gelar-pertunjukan-rakyat-bertema-jkn-untuk-indonesia-sehat-di-sukoharjohttps://desimpul.blogspot.com/2019/02/kominfo-gelar-pertunjukan-rakyat.html

No comments:

Post a Comment