Pages

Monday, November 5, 2018

Wiranto: Perencanaan Rekonstruksi Sulteng Selesai Desember 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Sulawesi Tengah akan selesai Desember 2019.

Hal itu disampaikan Wiranto setelah menghadiri rapat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Wapres Kalla ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin penanganan korban gempa dan tsunami Sulteng.

"Rapat hari ini kami pastikan sebulan (lagi) sudah selesai, soal penentuan lokasi pindah karena menyangkut tanah yang sudah ada HGU (Hak Guna Usaha), HGB (Hak Guna Bangunan), itu proses akan diselesaikan daerah dan pusat," kata Wiranto.

Ia mengatakan, pemerintah terus menyempurnakan pemetaan wilayah rawan gempa di Sulawesi Tengah.

Ia memastikan, nantinya tak akan ada pembangunan hunian di wilayah yang rawan gempa tersebut. Karena itu, nantinya ada proses relokasi ke wilayah yang tidak dilalui sesar gempa.

Nantinya proses rekonstruksi dan rehabilitasi juga melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk memastikan lahan yang digunakan untuk relokasi tidak bermasalah.

"Jadi untuk apa kita bangun suatu lokasi, perumahan masyarakat, yang risiko gempanya tinggi sehingga pertama-tama tadi dipastikan kepada Badan Geologi untuk memastikan daerah mana yang masuk daerah merah," ucap Wiranto.

"Dari sana kemudian kita lihat mana yang harus dipindahkan ke tempat-tempat aman," lanjut dia.


Let's block ads! (Why?)

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/05/15044011/wiranto-perencanaan-rekonstruksi-sulteng-selesai-desember-2019https://desimpul.blogspot.com/2018/11/wiranto-perencanaan-rekonstruksi.html

No comments:

Post a Comment