Pages

Monday, October 8, 2018

Bursa Brazil Naik Tajam Respon Hasil Pemilu

Sumedang Media, Rio Janeiro – Saham Brasil naik tajam Senin 98/10/2018)setelah calon presiden sayap kanan Jair Bolsonaro meninggalkan lawan-lawannya dalam debu di putaran pertama pemungutan suara.

Indeks acuan Brasil Bovespa naik 3,9 persen pada hari Senin. The iShares MSCI Brasil exchange-traded fund (EWZ) melonjak 5,3 persen dan berada di kecepatan untuk kenaikan satu hari terbesar sejak 24 Januari, disaat naik 6,2 persen.

Bolsonaro mengumpulkan 46,7 persen suara di putaran pertama hari Minggu, jauh lebih banyak daripada kandidat lainnya. Mantan Walikota Sao Paulo Fernando Haddad, kandidat berada di urutan kedua dengan 28,5 persen.

Jajak pendapat menjelang pemungutan suara Minggu memprediksi kemenangan Bolsonaro, tetapi mantan kapten militer itu jauh mengungguli prakiraan itu. Putaran suara kedua akan diadakan 28 Oktober karena tidak ada kandidat yang menerima lebih dari 50 persen.

"Ini sangat mirip dengan pemilihan AS pada 2016," kata Danilo Kawasaki, chief operating officer di Gerber Kawasaki, seperti mengutip cnbc.com. "Kamu memiliki kandidat sayap kanan datang entah dari mana dan menang."

Kawasaki juga mengatakan "pasar saham tidak ingin Partai Pekerja Haddad berkuasa," mencatat kemenangan bagi Haddad akan menyebabkan aksi jual di saham Brazilan.

Investor baru-baru ini menyemangati Bolsonaro karena mereka menyukai platform ekonominya. Sepanjang kampanyenya, Bolsonaro mengatakan ia ingin bank sentral Brasil menjadi lebih mandiri dan memprivatisasi perusahaan yang dikelola negara.

Bolsonaro juga berjanji untuk mengambil sikap keras terhadap korupsi. Sementara itu, investor takut kemenangan Haddad akan mempertahankan jenis kebijakan yang telah menekan ekonomi Brasil.

Haddad menjadi kandidat Partai Buruh setelah pengadilan melarang mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva untuk mencalonkan diri lagi. Da Silva, yang lebih dikenal sebagai Lula, menjalani hukuman 12 tahun penjara karena korupsi.

Pemerintah Lula, bersama dengan Dilma Rousseff, penggantinya, menyebabkan defisit fiskal yang menggelembung dan berkontribusi pada sistem pensiun yang tidak berkelanjutan.

Real Brasil reli lebih dari 2 persen terhadap dolar AS pada hari Senin, diperdagangkan pada 3,75. Joao Ribeiro, ahli strategi LatAm di Nomura, mengharapkan reli untuk melanjutkan "selama beberapa hari mendatang harus pasar memantapkan keyakinannya dalam kemenangan Bolsonaro di babak kedua."

"Meskipun pasar harus reli karena risiko ujung sayap kiri berisiko menghilang, keberlanjutan reli akan sangat tergantung pada kemungkinan reformasi fiskal yang berarti tahun depan, yang masih belum pasti dan akan menjadi fokus utama pasar setelah pemilihan," Ribeiro berkata dalam sebuah catatan.

Saham Brasil naik tajam minggu lalu menjelang pemungutan suara hari Minggu. EWZ naik 8,7 persen sementara indeks Bovespa naik 3,8 persen.

"Klien harus menjadi kelebihan berat badan Brasil dan ekuitas pasar berkembang," Larry McDonald, kepala strategi makro AS di ACG Analytics dan editor The Bear Traps Report.

"Kami percaya ekuitas pasar yang sedang berkembang akan secara substansial mengungguli S & P 500 selama dua hingga tiga tahun ke depan. Negara-negara produsen komoditas seperti Brasil akan menjadi pemimpin yang menonjol."

Inilah

Let's block ads! (Why?)

https://warta.sumedang.info/ekonomi-bisnis/122344-bursa-brazil-naik-tajam-respon-hasil-pemilu/https://desimpul.blogspot.com/2018/10/bursa-brazil-naik-tajam-respon-hasil_8.html

No comments:

Post a Comment